Apel Kesiapsiagaan Karhutlah, HD Tegaskan Lima Hal

By Abdi Satria


nusakini.com-Palembang-Gubernur Sumsel H Herman Deru memimpin Apel kesiapsiagaan personil dan peralatan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2022 dalam rangka penguatan kapasitas kawasan untuk pencegahan karhutla di Halaman Griya Agung, Rabu (22/6/2022).

Dalam upaya pengendalian Karhutla di Sumsel, HD menegaskan 5 poin utama yaitu melakukan sinkronisasi satgas Prov dan kabupaten/Kota terutama bagi wilayah rawan karhutlah, membagi habis tugas pengendalian karhutlah dengan melibatkan semua stakeholder yang ada di Provinsi, kab/kota, memberikan sanksi tegas pelaku karhutlah untuk membuka lahan dan giat pasca panen

Kemudian, memperkuat sarana prasarana personil pengendalian karhutlah, dan Melakukan Aktivasi posko pengendalian karhutlah di perusahaan, instansi vertikal dan masyarakat terutama pada daerah-daerah rawan karhutlah.

"Kita ucap syukur atas pertolongan Tuhan YME, yang telah menjadikan musim kemarau yang cukup basah, dengan hari tanpa hujan yang cukup pendek sehingga lahan tidak cukup kering," ungkapnya.

Disamping itu, HD mengapresiasi keberhasilan penurunan titik hotspot tahun 2021 merupakan prestasi terbaik tim pengendalian karhutlah yang dipimpin Korem 044 Garuda Dempo dengan dukungan instansi vertikal, OPD, Polri, serta masyarakat.

"Kemunculan hotspot pada lahan gambut telah terdeteksi sebelum musim kemarau hal ini disebabkan adanya degradasi alam. Kita harus carikan solusi permanen agar lahan gambut tidak terlalu kering sehingga tidak mudah terbakar sesuai dengan habitatnya yang bersifat lembab," ujar HD.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, HD ungkapkan tim pengendalian karhutla Sumsel telah membangun sekat kanal, sumur bor, dan embung di lahan-lahan gambut yang sangat berpotensi menimbulkan karhutlah.

"Kita berdoa dan berusaha agar angka karhutla dapat terus rendah atau bahkan tidak sama sekali terjadi maka butuh komitmen kerja keras dan antisipasi karhutla dimasa mendatang," pungkasnya. (rls)